Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Memilih Pemimpin

Acenkkurnia-Assalamulaikum sahabat-sahabatku semuanya.
kali ini saya mau kasih tips agar kita bisa menjadi pemimpin yang baik tau gak bisa memilih pemimpin yang berjiwa pemimpin.
Yukss kitaa simak Artikel di bawah ini ====>>>>


http://acenkkurnia.blogspot.co.id/

4 Jurus ampuh memilih pemimpin dalam organisasi

Struktur sederhana suatu organisasi hanyalah ada dua kategori yaitu pemimpin dan yang dipimpin. Organisasi yang sehat akan memiliki sistem pergantian pemimpin secara berkala. Hal ini diperlukan karena mempertimbangkan banyak faktor seperti kesepakatan periode kepengurusan, konflik ketidakcocokan, proses alamiah terkait usia dan kemampuan dalam memimpin yang mulai menurun, serta yang paling utama adalah untuk menghasilkan organisasi yang lebih baik dengan meningkatkan kapasitas orang-orang yang tadinya dipimpin menjadi bisa memimpin. Konsep mempersiapkan pemimpin ini dapat dikatakan sebagai kaderisasi pemimpin.

Sebelum menentukan cara mempersiapkan pemimpin yang tepat, setiap orang dalam organisasi tersebut harus paham apakah  kepemimpinan itu. Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi perilaku seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu pada situasi tertentu. Ketiga poin penting tersebut (mempengaruhi perilaku, mencapai tujuan tertentu, pada situasi tertentu) menjadi kriteria proses mempersiapkan pemimpin selanjutnya. Pemimpin dapat dikatakan sukses bukan karena ia dapat menghebatkan dirinya sendiri, namun jika ia bisa menjadi pelayan dan bermanfaat bagi banyak orang, bukan hanya menyuruh namun juga memberikan manfaat serta berbagi pelajaran dan pelajaran untuk mengupgrade atau meningkatkan diri sendiri serta bawahannya. Berikut 4 cara untuk mempersiapkan pemimpin dalam suatu organisasi:

1.Memberi kesempatan mendapatkan amanah pada posisi strategis

Jiwa kepemimpinan seseorang akan terasah secara tidak langsung dan terlihat ketika ia diberi amanah. Maka berilah amanah, dan amatilah bagaimana ia menyelesaikan amanahnya. Beri lagi amanah yang lebih berat ketika ia berhasil menyelesaikan amanah sebelumnya dan kesempatan untuk berkreasi. Sesekali bantulah dengan memberikan arahan dan pelecut semangat. Guru yang paling berharga adalah pengalaman. Semakin banyak jam terbangnya (pengalamannya) maka akan semakin baik ia memimpin

2.Latihan kepemimpinan di dalam atau di luar organisasi

Berilah pelatihan kepemimpinan formal di dalam maupun di luar organisasi. Pada latihan kepemimpinan akan diajarkan secara lebih sistematis dan terarah bagaimana menjadi seorang pemimpin. Mempelajari teori kepemimpinan yang dibutuhkan seperti pengetahuan dan pemahaman karakteristik seorang pemimpin serta prinsip-prinsip dasar seorang pemimpin

3.Pendekatan Internal (Mentorship)

Berikan contoh!. Sorang pemimpin yang baik akan memberikan contoh yang baik kepada bawahannya karena secara tidak sadar seorang bawahan akan mengikuti dan mengambil pelajaran dari apa yang dilakukan oleh pemimpinnya. Bila perlu, beri bimbingan khusus lebih intensif pada orang-orang yang sudah ditargetkan akan menggantikannya kelak. Pendekatan internal ini juga akan lebih menguak sisi-sisi positif maupun negatif seseorang yang sering tertutup bila dalam kondisi formal.

4.Seleksi

Proses seleksi mempersiapkan pemimpin adalah cara lazim yang banyak dilakukan dalam organisasi termasuk perusahaan dalam melakukan pergantian kepemimpinan. Lakukan proses seleksi bertahap dan terbuka agar pemilihan pemimpin terlihat lebih fair. Berikan kesempatan pada semua orang untuk mengikuti proses seleksi ini. Tes seleksi bisa dilakukan dengan cara melakukan 3 poin sebelumnya. Orang yang lulus dari ketiga “ujian” di atas semestinya menjadi calon pemimpin yang baik bagi perusahaan di masa yang akan datang.

Sumber : Leadership
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Memilih Pemimpin"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top