Diberdayakan oleh Blogger.

Tantangan Di MT.Arjuno

Acenkkurnia-Setelah sebelumnya ane menceritakan tentang trip penanggungan kali ini ane berbagi cerita tentang pendakian MT Arjuno.Sewaktu ane muncak Penanggungan Kami foto foto dengan background Arjuno welirang.dan ane bilang berkata kpada teman teman "hai teman teman target Selanjutnya kita Adalah gunung itu (nunjuk MT Arjuno)".
Karena waktu itu kami ada KKN kampus rencana pendakian kami kami undur hingga masa KKN selesai.Akhirnya setelai selesai KKN,kami mengatur rencana untuk pendakian Arjuno.

Mt Penanggungan
View di penanggungan dan belakang kami adalah Arjuno welirang

Karena Acaranya setelah KKN kami punya personil baru yang ingin ikut mendaki Arjuno.mereka cewek SMA dari sendang agung.kebetulan mereka punya kakak dari kami . Yang 1 namanya Agnes gebetannya Abay,dan yang 1 lagi Harim(bukn nama sebenarnya) adek adek.anya si Rahmat.
Si Icha dan si bongky kami ajak juga tetapi mereka punya kesibukan sehingga tidak bisa ikut.padahal kami berharap dengan kehadiran mereka karena mereka punya keahlian lebih di bandingkan kami.
Akhirnya kami fik berangkat orang enam dari surabaya.
sedangkan ada 3 teman kami yang berangkat dari krian.jadi total kami adalah 9 orang,
kami ber 6 berangkat sore hari dan janjian ketemuan di pos pendaftaran dengan teman kami yang dari krian.Kami mendaki MT arjuno Via jalur purwosari.
Akhirnya kami sampai di pos pendaftaran dan bertemu teman temen yang dari krian.dan ternyata mereka dari lawang sampai pos pendaftaran Gandoll mobil karena memang mereka tidak membawa kendaraan sendiri..gokilll memang.

Penuh Tantangan MT.Arjuno
Si boy dan Caiya caiya kelelahan setelah perjalanan jauh
yang belakang adek adekanya Rohmat.
Di pos pendaftaran kami ber istirahat.

Kami pun ber istirahat sejenak untuk melepas lelah setelah berkendara dari surabaya.
dan kami pun menyempatkan untuk sholat isya.setelah selesai kami pun mendaftarkan diri.
Biaya pendaftaran per orang waktu itu adalah Rp.9.000.
Waktu  saat itu menunjukkan pukul 01:00 WIB dini hari.sebelum memulai trek kami berdoa seperti biasa untuk keselamatan dan kekompakan.

Penuh Tantangan MT.Arjuno
Setelah berdoa kami sempatkan foto2.
berdiri belakang dari kiri(Harim,Rahmat,Memet,Boyo,Caiya-caiya,Rokib)
Duduk dari kiri(Kentrung,pak e)

Penuh Tantangan MT.Arjuno
Sama aja kayak yang di atas tapi ini ada gue,tau kan gue yang mana.... :'(

Setelah berdoa kami mulai berjalan.Awalnya perjalan kami terasa ringn karena trek yang kami lalui landai dan tidak terlalu menanjak.ternya jarak antara pos pendaftaran ke pos 1 lumayan jauh sehingga tenaga kami lumayan terkuras.
kami sempatkan istirahat sejenak di jalan.

Si boy Semakin mesra aja
Hubungan mereka sekarang sudah di bilang udah alamarhum.

pak e

Penuh Tantangan MT.Arjuno
Si Rokib lagi ngemut gula dewa

tebak ini siapa.???
di belakang ane pak rohmat.

Memet

Rasa pegal sudah mulai hilang kamu pun lanjut perjalan ke pos 1,kami sampai di pos 1 jam sudah menunjukkan pukul 3 pagi,kami pun mencari tempat untuk mendirikan tenda.ternyata di pos 1 sudah ramai orang yang mendirikan tenda sehingga perlu waktu kami untuk mencari tempat kosong.
akhirnya kami menemukan tempat di samping kuburan.awalnya ane kira itu sumur,ternyata itu tempat pemujaan.
kami pun mendirikan tenda dan langsung istirahat karena kelelahan.

tenda ini di isi orang tujuh,sedangkan yang 1 nya lagi di isi 2 orang cewek
karena sumpek kami pun saling menghangati.

Jalan sudah mulai menanjak.

Pagi akhirnya datang,ane bangun telat karena kelelahan. akhirnya sholat subuh ane gabung sekalian sama duha,jadinya sholat subha :D .

kami pun bangun semua,sebelum lanjut perjalanan kami harus isi energi dulu,kami masak untuk nambah stamina,kebetulan sumber air juga dekat di pos 1 sehingg kami gak perlu kwatir kekurangan stok air.
acaranya masak masak dulu.

Penuh Tantangan MT.Arjuno
Buat kopi untuk menghangatkan badan

Masak nasi,ini koki kami

Acara kami lanjutkan,saatnya makan makan....... sikattt guysssss

Penuh Tantangan MT.Arjuno
nasinya masik agak kerass guysss......

Acara makan makan kami pun lajut perjalanan,kami jalan waktu itu tepat pukul 9 pagi,perjalanan dari pos 1,trek kali ini lebih menguras tenaga karena treknya mendaki tidak ada jalur landai lagi.

Tantangan MT.Arjuno
Trek menanjak dan berbatu,di tambah teriknya matahari

benar benar menguras tenaga kami,di tambah cuaca yang lumayan terik.sepertinya energi kami benar benar di sedot.kami kasian dengan2 cewek ini si caiya caiya dengan si harim,mereka itukan pemula sudah di suguhi tantangan yang berat.tak terasa 20 menit berjalan kami sempatkan istirahat sejenak untuk memulihkan tenaga.

Si boy sama caiya caiya mulai lelah,kita beristirahat sejenak di sini

Setelah cukup beristirahat.kami lanjut lagi perjalanan.kita mulai melewati ruang terbuka sehingga walaupun kami berada di ketinggian hawa panas tetap terasa.kami berjalan terus.supaya lebih cepat sampai.akhirnya kami sampai di dalam hutan dan trek di sini landai.karena sejuk kami pun istirahat sejenak.sekedar beristirahat dan bercanda.setelah cukup kami lanjut perjalanan,ternyata trek landainya hanya beberapa meter saja kami harus melewati trek menanjak lagi yang lebih ekstrem.
akar-akar kami jadikan alat bantuan agar kami tidak tergelincir.
kami di jalur ini cuma sanggup berjalan 10 menit.
akhirnya kamipun beristirahat lagi.

Tantangan MT.Arjuno
nampak bangett si harim kelelahan,si mamat malah ketawa.nggak peka kamu mat.!!!

Demi tampil sempurna di mata si boy,caiya caiya selalu jaga performance  :D

Kami lanjut lagi berjalan ,karena kata para pendaki yang duluan melewati kami pos 2 sudah dekat.kami semakin semangat berjalan.tak lamakamipun sampai di pos 2.
ternyata pos 2 itu adalah tempat pemujaan atau di sebut juga dengan petilasan.

Petilasan pos 2,karena ramai dan berbau mistik kami lanjut berjalan

Petilasan pos 2

kami pun terus berjalan untuk sampai di pos 3,trek menuju pos 3 semakin terjal dan mendaki sehingga kekompakan kami benar benar di uji,panasnya terik lelahnya perjalanan karena sudah 3 jam kami berjalan di tambah terik yang menyegat bener benar terasa  lelah.

Tantangan MT.Arjuno
Trek terjal dan menajak,benar benar menguras tenaga

Kami percepat langkah kaki kami, karena katanya pos 3 gak terlalu jauh,tidak seperti pos 1 ke pos 2,
tapi tetap aja karena treknya menanjak curam energi kami terkuras.
setelah berjalan dengan semangat juang tinggi akhirnya kita sampai di pos 3.
pos 3 adalah sebuah tanah lapang dan ada gubuknya,yang jelas gubuk itu ada penghuninya.bau dupa menyebar di mana mana.jam sudah menunjukkan pukul 3 sore,terik mentari sudah hialng berganti dengan kabut yang tebal dan membawa hawa dingin.kami putuskan untuk istirahat sholat di pos 3.
dan menambah energi denagn makan mie mentah dan menyeduh kopi panas.

Tantangan Di MT.Arjuno
Tumben nie manusia mau makan mie mentah,... mungkin kepaksaa

miee adalah teman pendaki yang paling setia

ketika cewek ikut mendaki auranya itu keluar... CKCKCKCKCK

Tantangan Di MT.Arjuno
ngopi sek ben semangat.....!!!

Kewajiban tetaplah menjadi kewajiban di manapun tempatnya....!!!!

Malam Bersejarah Kami

Setelah rasa lelah hilang,kewajiban sholat sudah kami laksanakan,kami menambah perbekalan air kami karena stok air kami semakin menipis. setelah selesai kami lanjut lagi berjalan karena rencana kami besok pagi kami sudah di puncak untuk melihat sunrise.hari semakin sore wangi dupa menyebar menusuk hidung kami.apalagi kabut semakin tebal dan hawa dingin semakin menjadi menambah kesan mistik di pos 3 ini.kami terus bergerak agar kami tidak kedinginan.
walaupun udara dingin tetap aja rasa lelah ada karena treknya sungguh terlalu,terlalu seru.
Istirahat sebentar kawan...!!!

Gue sama Si boy

Kabut sedikit menghilang,tetapi hawa dingi tak mau menghilang.
abng butuh kehangatan dek....(gedek)!!!

Setelah cukup ber istirahat kami jalan lagi,karena hari sudah mulai senja.kami berpapasan dengan pendaki yang turun katanya puncak 3 jam lagi.kami pun semakin semangat.
setelah agak lama berjalan kami sampai di tanah datar yang sudah berdiri beberapa tenda.kami pun bertanya lagi berapa jam lagi untuk sampai ke puncak,ternyata jawabanya berbeda, katnya 5 jam lagi. gilakkk bener semakin jauh mendaki ke atas malah semakin lam sampai puncakk.
dari pada mikir lamnya sampai puncak akhirnya kami masak nasi dulu,karena memang dari td pagi kita cuma makn sekali plus ngemil mie mentah di jalan.
masak masak dan menghangatkan badan ala naruto seringgan.

Tantangan Di MT.Arjuno
Kokinya ini lagi ini lagi,memet lagi memet lagi
anak anak pada tepar.

Para pasukan sedang mengumpulkan cakra

Tantangan Di MT.Arjuno
Dan ini cakranya om kentrunggg,,
Jegerrrrrr-Jegerrrrrr...

Memet gagal mengeluarkan cakra.
ilmumu masih blum nyampe met...

Karena hari sudah mulai gelap dan dingin mulai menjalari tubuh.kami putuskan untuk terus bergerak untuk menghindari hipotermia dan kami juga mengejar sunrise esok pagi di puncak.
kami terus bergerak trek kali ini memang yang paling amsyongg dari pada yang lainnya.trek mendaki dengan kemiringan45 derajat,di tambah debu  di jalan yang kami lalui mencapai mata kaki,sehingga kami beberapakali terpeleset.dan juga hari sudah mulai gelap sehingga kami harus lebih ekstra hati hati. Disni tragedi mamat terjadi dia terpeleset dan jatuh di jalan berdebu,dan adek-adekannya si mamat ini namanya si harim nangis karena gak tega liat kakanya terjatuh,
kami semua bingung nenangin ini anak,nah si kentrung ini spesialis banget nenagin orang dia mahir mengolah kata kata sampai si harim terdiaam dan akhirnya dia strong lagi berjalan.
gak lama kami berjalan badai datang,kenceng banget,walaupun kami terus bergerak hawa dingin ini tidak bisa di tandingi,karena hawa dingin di sertai terpaan angin yang sangat kencang.
si caiya caiya kedinginan sangat dia di sini,kami tambah bingung aja karena peralatan ndaki kami gak lengkap,kami gak bawa sleeping bag buat jaga jaga kalo ada hipotermia.
man trek di depan kami sudah tidak ada yang datar lagi.niat kami untuk terus berjalan menuju puncak akhirnya harus kami tunda karena keselamatan anggota kami terancam.ane puncari cara agar malam yang dingin ini tidak semakin mencekam.Akhirnya kita menemukan rerumputan untuk mendirikan 1 tenda,yahh walaupun miring lumayan buat istirahat,sedangkan ane keliling cari kayu bakar untuk menghangatkan malam kami.etelah muter muter sana sini dapet kayu seukuran lidi, akhirnya ane mendapatkan juga kayu kering besar sebesar bdan ane dan panjangnya 2 kali tinggi ane.lumayan untuk menghangatkan malam kami yang teramat dingin ini
karena angin kencang banget ane kesulitan menyalakan api ini,hampir 1 jam baru api bisa menyala itupun dengan membakarnya di atas kompor. fiuhhhh malam yang menegangkan.
si caiya caiya boyo,harim dan mamat  mereka di dalm tenda untuk istirahat.
kamipun yang di luar tenda membuat kopi untuk menghangatkan badan,
kopi mendidih ane seduh ketika ane minum tu kopi udah gak ada anget angetnya,ampun dinginnya,

Tantangan Di MT.Arjuno
Minum es kopi.kopi mendidih ane minum kagak ada panas panasnya,
kuplok,iket kepala,baju lapis lima,celana dobel sempak,kaos kaki bola,tetep aja gak bisa ngusir hawa dingin.

Memet mukanya di depan api,pantatnya kedinginan.pantatnya deket api mukanya kedinginan.
akhirnya harus bangun 5 menit sekali untuk merubah posisi

Tantangan Di MT.Arjuno
Api serbaguna,selain menghangatkan malam kami
juga berguna untuk memasak si bulat boled

Abang kedinginan dek :'(

sebelum tidur kami menjamak sholat magrib dan isya,saking dingin si memet sholat sampe njungkel ke belakang karena tempat sholat kami miring.
setelah sholat kami pun lanjut tidur sama seperti memet,dengan ritual berganti posisi setiap 5 menit.
malam terasa panjang karena dingin teramat sangat.
akhirnya subuh datang juga,kami sholat subuh,setelah sholat kami berunding.demi keselamatan bersama akhirnya kita sepakati kalau kami yang meneruskan perjalanan 5 orang.yaitu : ane sendiri,memet,rokib,pak e dan kentrung.sedangkan abay dan rohmat tetap di tenda untuk ngejagain si caiya caiya dan si harim.karena mereka masih blum kuat untuk meneruskan perjalanan,
deal ...!! kami ber 5 berkemas untuk submit attack,menurut info yang kami dapat dari tempat kami mendirikan tenda ke puncak butuh waktu 2 jam lagi.
kami pun langsung cabut setelah sarapan boled yang kami bakar malam tadi,udara dingin masih terasa menusuk nusuk kulit kami,kami bergerak agak cepat agar pembakaran dalam tubuh kami berjalan dan bisa menghangatkan badan,setengah jam kami berjalan matahari menampakkan wjahnya di ufuk timur,kamipun beristirahat sejenak untuk menikmati sunrise.

Tantangan Di MT.Arjuno
mentari muncul menghangatkan pagi kami
Sayapun sudah berani melepas jaket dan kupluk

Si memet masih kedinginan,rokib apa lagi

Tantangan Di MT.Arjuno
Kentrung bercengkrama deng sang mentari.
"cakraku mana?"

Istirahat itu moment yang tepat untuk ambil foto cakep.
kamu lelah kib?

Setelah menikmati sunrise kamipun lanjut lagi berjalan.walaupun kami sudah sarapan boled dewa ternyata treknya yang berat membuat energi kami cepat habis,kamipun istirahat lagi untuk menambah gizi dan stamina supaya strong lagi.
Saatnya makan mangga dewa... tarraaaa..!!!

Makan yang paling nikmat itu makan bersama pas lagi lapar,
Apalagi makanya mangga dewa..

Ternyata perjalanan ke puncak tidak yang seperti kami perkiraan.butuh waktu lebih untuk kami sampai puncak.selain yang treknya yang mbulet juga kami sering berhenti untuk sekedar foto2 untuk mengabadikan moment pemandangan indah di hadapan kami.
Foto-foto sebelum sampai puncak...!!

Penunjuk Arah menju puncak arjuno
kami sudh semakin dekat dengan puncak Arjuno...Alhamdulillah

Natnya foto bareng denagn view mahameru.
tapi sayang hasilnya kagak maksimal

Sebelum sampai puncak kami di suguhkan denagn pemandangan yang elok nan eksotic sehingga
kami harus mengabadikan setiap keindahan Alam ini.
trimakasih ya Allah ciptaanmu sungguh indah
Setelah berjalan Lebih dari 3 jam Akhirnya puncak arjuno sudah ada di depan kami,
Rasnya sungguh luar biasa karena ketika melihat keindahannya rasa lelah kami seolah olah terbayar lunas.
kami sempatkan foto ber lima di bawah puncak arjuno dengan view welirang.

Tantangan Di MT.Arjuno
Kami foto ber lima dengan view welirang yang berada di barat kami.
Rasa bangga luar biasa bisa foto di atas sini.

Kami teruskan perjalanan ke puncak arjuno yang ada di depan kami.
Akhirnya kami sampai juga di puncak Arjuno,sungu rasa bangga yang luar biasa bisa menaklukkan gunung tertinggi ke dua di pulau jawa setelah mahameru.

Galery  foto di puncak Arjuno

Pesenan anak anak.
untuk si bongky,thata,icha,toak,gisel.kapan kalian ke Arjuno?

Acenk dan Pak e

Memet.hmmzz sudah kuduga..!!

Welirang di belakang saya

Wajah masih kusut karena kelelahan.
kamilah 5 orang pemenang

Tantangan Di MT.Arjuno
Bendera Arsenal tak lupa saya bawa ke puncak Arjuno.

Padang Savana sebelum Puncak Arjuno

Walaupun caiya-caiya,si boy,mamat dan si harim gak sampe puncak
tapi nama mereka sampe puncak juga.
Kapan kalian bisa sampe puncak kawan?

Salam untuk geng Alexa

memet,rokib dan pak e

Setelah selesai menikmati indahnya puncak Arjuno kami harus berpisah.memet,rokib dan pak e harus turun via welirang karena mereka di tunggu temannya di sana.
sedangkan saya dan kentrung harus kembali ke tempat anak-anak di tenda.
kamipun berpisah.wwaktu itu saya turun jam setengah sembilan.kami berdua turun dengan kecepatan tinggi denagn berlari-lari seperti anak kecil.kamipun sampai di tenda tepat pukul 10 siang,ternayta anak-anak sudah menyiapkan makanan saya dan kentrung langsung makan.setelah makan saya beristirahat tidur untuk memulihkan tenaga.
kami bangun jam 12 dan langsung turun untuk pulang.kami turun terus jarang istirhat lama karena memang ketika turun tidak secapek pas mendaki cuma kaki aja yang terasa kemeng.jam 10 malam kami sampai di pos 1.disini awalnya kami ingin istirahat mendirikan tenda karena kami sangat lelah.tapi hawa mistik di tambah bau dupa yang menyengan dan juga keadaan yang sangat sepi kami tidak jadi bermalam di pos 1. kami hanya masak nasi untuk mengisi perut kami yang dari tadi siang belum di isi.
ketika kami mau makan kami di beri sambel dan ikan asin ole penghuni pos 1.dan rasnya makan ikan asin dan sambel sangat luar biasa enak,di sinilah terjadi tragedi ikan asin. jadis etiap saya muncak tak lupa membawa ikan asin untuk di makan pas mendaki.
Setelah makan selesai kamipun lanjut lagi berjalan untuk menuju parkiran,kami berjalan malam itu terasa sangat lama sekali.karena memang efek lelah yang luar biasa di tambah senter penerangan kami hanya 2 dan itu sudah mulai redup.
Akhirnya kami sampai di parkiran pukul 1 dini hari dengan selamat semua.Alhamdulillah.
ini cerita kami.ini bukan cerita tentang tutorial mendaki tapi ini cerita tentang kebersamaan kami.
trima kasih teman teman udah jadi bagian dari pendakian ini.

Thanks to:

Bagikan :
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tantangan Di MT.Arjuno"